Social Network

Jumat, Juni 05, 2009 / Diposting oleh ^Bridge^ /

Social Network
Social Network atau Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Social networking adalah sebuah jaringan dimana dalam jaringan ini terdapat berbagai macam user yang terlibat dan jaringan ini juga memberikan akses untuk para penggunanya untuk menciptakan sebuah komunitas dalam dunia maya ini.

Sejarah Social Network
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Social Netwoking Web atau Web Jejaring Sosial memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan teman-teman kita sesering kita mau. Kita bisa memberitahu kepada teman-teman kita apa yang sedang kita lakukan, saling bertukar informasi, mencari kenalan baru, bahkan sampai promosi bisnis. Social Networking merupakan suatu cakupan dari sistem software yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain dalam skala yang besar.
Social Networking yang saya ketahui antara lain:Myspace, Xanga, Tagged, Hi5, blog, dan yang paling tren sekarang ini adalah Friendster, dan Facebook
Booming Friendster.com di kalangan pelajar dan mahasiswa pada empat tahun terakhir, telah menempatkan Indonesia sebagai pemilik account Friendster nomor tiga sedunia. Melihat tren penghujung tahun 2008, ada kemungkinan layanan social networking akan sedikit bergeser ke Facebook.com. Brand Facebook yang lebih dewasa dan lebih kaya dengan aplikasi, membawa tantangan baru bagi mantan maniak Friendster untuk lebih banyak ber-eksperimen.
Facebook yang didirikan tahun 2004, telah mencatatkan lebih dari 37 juta pengguna serta ribuan jaringan bisnis. Facebook dibuat oleh alumni Universitas Harvard, Mark Zuckenberg awalnya hanya sebatas situs untuk para alumni lulusan Harvard. Selanjutnya Facebook berkembang pesat sebagai situs untuk hiburan dan pekerjaan. Facebook memiliki layanan fitur privasi. Dengan layanan para pengguna Facebook dapat mengontrol terhadap siapa saja yang diperbolehkan mengakses data profil mereka. Facebook telah mengembangkan berbagai ragam aplikasi yang dapat diinstall para pengguna. Aplikasi-aplikasi inilah yang memberikan nilai tambah bagi Facebook. Aplikasi yang dikembangkan banyak yang mendukung bisnis dan pekerjaan seperti menjual atau membeli barang, ala eBay dengan orang-orang yang ada dalam jaringan yang dimiliki para pengguna. Dengan situs web tersebut kita dapat bergabung dengan komunitas pengguna situs tersebut. Mungkin sebagian besar pengguna komunitas yang kita kunjungi adalah rekan-rekan kita atau bisa jadi teman baru yang kita kenal di dunia “maya”. Ibaratnya bagaikan suatu ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat berkumpul banyak orang yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal. Kita juga bisa “mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung dengan komunitas jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung.
Pada awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak terkait hal-hal yang sifatnya “fun” dan nostalgia ria tapi selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme. Dari sekedar komunitas biasa/pertemanan, lalu bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis atau komunitas yang lebih serius. Para pengguna mulai memanfaatkan situs-situs jejaring sosial sebagai alat yang mendukung profesi ataupun wirausaha. Info kontak person dapat membantu menemukan beragam rute dan informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun peluang bisnis baru. Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser, tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah mulai melirik situs jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi.
Social networking juga termasuk teknologi strategis yang selalu muncul dalam prediksi Gartner di tahun 2007-2009. Dukungan aplikasi social networking yang berjalan di handheld, baik handphone maupun PDA, termasuk blackberry dengan kemampuan push mail dan messenger-nya, akan semakin menambah mapan kultur baru social networking di Indonesia. Top 100 Traffic Ranking versi Alexa dengan pilihan wilayah negara Indonesia masih menempatkan layanan social networking pada rangking-rangking atas, meskipun secara jumlah masih kalah dengan layanan file repository.



Dari diagram di atas, dapat dilihat Indonesia Top 100 Sites, Social Networking memiliki kedudukan 13 persen. Tren Blogging di tahun 2009 kemungkinan akan berubah, khususnya dalam kualitas konten. Blog yang di era awal kemunculan banyak didominasi konten teknis di bidang komputer, seperti kita ketahui kemudian bergeser ke jurnalisme warga (citizen journalism) yang membahas berbagai hal tentang kehidupan. Dengan maraknya kompetisi dan lomba blog baik level nasional maupun internasional, akan ikut membantu meningkatkan kualitas konten blog, dan tentu semakin menarik kalau arahnya ke konten pendidikan. Apresiasi perlu diberikan kepada Departemen Pendidikan Nasional lewat Pustekkom yang memberikan penghargaan eLearning Award bagi blog yang sifatnya edukatif. Demikian juga untuk Seamolec yang mengadakan lomba blog untuk level SD, SMP dan SMA. Tren blogging di penghujung akhir tahun 2008 banyak yang mengarah ke personal branding. Ini fenomena positif dan strategi cerdas, karena Internet dengan total pengguna di dunia mencapai 1,5 miliar dan di Indonesia lebih dari 25 juta, adalah pasar besar. Jumlah pengguna Internet hanya bisa dikalahkan oleh TV yang mencapai jumlah pengguna 40 juta di Indonesia.
Berikut ini keuntungan dan kerugian bergabung dalam Social Network,

Keuntungan:

  • situs jejaring sosial dapat dijadikan ajang silaturahmi, berkat dukungan web 2.0 nya yang interaktif apapun bisa dilakukan di sana.

  • Dapat difungsikan sebagai media menyebar informasi semisal, seminar, talkshow, atau yang sifatnya personal seperti undangan pernikahan. Bahkan pasang iklan sosial atau cari peluang bisnis via Facebook pun ada juga.

  • Dengan mempunyai sebuah profile di FS atau FB itu artinya anda telah mulai membangun sebuah rumah virtual di web dimana anda bisa menjamu atau mengundang teman-teman anda untuk bertamu dan melihat-lihat koleksi di rumah anda, dari mulai foto sampai kepada puisi maupun catatan harian anda.

  • Sarana paling efektif untuk menjalin Komunikasi dan Silaturahmi dengan teman, sahabat maupun keluarga. Tanpa lagi dibatasi jarak, tempat dan waktu, anda bisa terus menjalin silaturahmi dengan mereka, berbagi pengalaman bahkan anda bisa merencanakan sebuah acara pertemuan keluarga dengan mereka.

  • anda dan teman virtual anda bisa saling berbagi informasi yang menguntungkan untuk kehidupan masing-masing.

  • kita bisa bersenang-senang dan bergaul dengan orang dari seluruh penjuru dunia. Dengan perkembangan pesat dunia internet, maka sarana dan prasarana untuk bisa bersenang-senang dan bergaul di online social networking pun semakin banyak pilihan. Dari mulai maen game dengan teman virtual anda, sampai kepada saling kirim kartu ucapan.

  • Social software jelas mengalahkan segala aspek dari teknologi telekomunikasi konvensional (walaupun saat ini masih dipakai), yaitu telepon. Melalui telepon interaksi hanya sebatas audio saja, tetapi melalui social software dengan memanfaatkan teknologi internet, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain secara teks, video, dan audio sekalipun secara real time. Hal ini juga ditambah dengan perbandingan harga yang cukup jauh dibanding berinteraksi dengan telepon. Mulai dari email, chat dan social network, kesemuanya dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya.


  • Kerugian:
  • Dapat dijadikan sarana untuk orang-oranga yang ingin berbuat jahat (melakukan penipuan)

  • Banyak waktu tersita sehingga konon beberapa orang sampe di pecat dari pekerjaannya gara-gara sibuk online.

  • keamanan data yang tidak terjaga (dapat disalahgunakan).

  • Social network saat ini pada umumnya bergantung pada media elektronik untuk menghubungkan. Sehingga dalam penggunaan media elektronik sangatlah penting dimana jika media ini dihilangkan keberadaanya network yang ada akan terputus.

  • Bisa bikin penggunanya seolah wartawan infotainment yang ‘haus’ memburu informasi tentang dapur orang lain.Bahkan ia bisa bikin kita ‘nyandu’ jadi orang yang paling heboh dan excited nanggepin komentar di ‘Wall’ atau ‘Status’ orang lain. Terkadang saking semangatnya, tanggapan komentar yang ditulis terlalu berlebihan, tidak sopan, tidak melihat kepada siapa kita berkomentar. Tentu saja ini memperburuk ajang silaturahmi yang ingin kita jalin.

  • Isu yang paling bahaya adalah pencurian identitas, karena peraturan dalam jaringan sosial memperbolehkan siapa saja untuk menggunakan identitas yang kita miliki. Karena pendaftaran account yang sangat mudah, gratis dan tanpa persyaratan administrasi yang valid seperti KTP atau paspor, semakin membuat identitas diri seseorang dapat dipakai / dipalsukan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab untuk keperluan kriminal.

  • Dr Aric Sigman, menyebutkan bahwa social networking berpengaruh buruk pada biologis seseorang. Bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa interaksi dengan orang lain secara online (berinteraksi tidak secara tatap muka) dapat mengubah kinerja gen, mengganggu kekebalan tubuh, hormon, fungsi arteri dan dapat menyebabkan cacat mental. Bahkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, yaitu kanker, strokes, jantung dan dementia.


  • Bagaimanapun juga sebuah tehnologi adalah fasilitas yang dapat digunakan bagi penggunanya, entah itu memberikan keuntungan atau kerugian tergantung cara pemanfaatannya.
    Kerugian atau dampak negative dari social network sebenarnya bisa dihindari jika kita mau menerapkan etika sosial networking (khususnya pada Facebook) yang sesuai dengan koridornya. Lalu, apa saja sih etika yang harus diterapkan:
  • Jangan umbar banyak informasi tentang dirimu apalagi yang bersifat pribadi. Kamu tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan risiko dan juga orang-orang jahat.

  • Sama seperti di atas, hal yang bersifat pribadi lebih baik tidak diceritakan, tidak dipublikasikan di ‘Status’. Jangan sampai ‘dapur kita’ diumbar di forum oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

  • Berilah porsi komentar yang sewajarnya. Ingat pada siapa kita berkomentar, pada teman, guru, dosen atau orangtua. Jangan terkesan bebas bicara dan komentar seenaknya. Hormati dan hargai mereka meski di Facebook sekalipun.

  • Kenali perbedaan antara ‘Wall’ dan ‘Message’. Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadimu dengan pasangan sebaiknya tidak usah terlalu di ekspose di ‘Wall’. Ini menghindari keisengan orang yang sirik dengan hubungan kalian. Akan lebih pas jika diungkapkan di ‘Message’.

  • Jangan pernah mengubah status hubunganmu jika tidak didasari kesepakatan bersama antara kamu dan pasangan. Beberapa kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-temanmu atau teman pasanganmu bisa mengetahui hal ini dengan cepat.

  • Jangan banjiri akun Facebookmu dengan banyak foto, atau video. Narsis boleh, tapi jangan terlalu over. Memasang foto pribadi yang terlalu berani mengundang keisengan orang lain untuk hal-hal yang tentu akan merugikan dirimu juga.

  • Secara etika memang kurang sopan mengundang teman ke acara yang sifatnya pribadi (semisal undangan ultah, syukuran kelulusan) via milis atau bahkan Facebook. Sebaiknya kirimkan undangan langsung ke alamat yang bersangkutan.

  • Jangan lupakan keberadaan teman yang berperan sebagai ‘penghubung’ sahabatmu di Facebook. Katakan dari siapa kamu tahu profil mereka.

  • Siapkan mental ketika berteman dengan ’someone’ yang pernah jadi bagian dari masa lalumu. Beberapa ‘Status’ yag dia tulis bisa jadi bikin kamu cemburu. Butuh kedewasaan untuk bisa menghadapi ini semua

  • Label: , ,

    0 komentar:

    Posting Komentar