Artikel tentang Mata Kuliah Internet dan Intranet

Jumat, Juni 05, 2009 / Diposting oleh ^Bridge^ /

Intranet
Kata Intranet terbagi menjadi dua bagian yaitu Intra yang berarti “Di dalam”, dan kata Net yang berarti “Jaringan” (Komputer). Jika di lihat dari sudut teknis Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet dan WWW (World Wide Web) didalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Dan bila di artikan secara keseluruhan maka Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi, Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya.
Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam seperti di internet. Intranet juga adalah sebuah konsep Local Area Connection yang menghubungkan beberapa computer dalam sebuah jaringan lokal yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet. Intranet lebih cenderung seperti sebuah internet dalam suatu lingkungan local. Tetapi terkadang intranet juga terhubung ke internet dengan memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya.
Intranet merupakan sebuah organisasi yang dilengkapi dengan sebuah atau beberapa web server untuk keperluan organisasi tersebut. Web server digunakan untuk keperluan sehari hari yang sifatnya internal seperti untuk menyimpan memo, market survey dan lain sebagainya. Biasanya akses ke web server ini hanya dapat di lakukan dari dalam kerena dilindungi oleh sebuah firewall.





Intranet (Internal Network) mulai didengung-dengungkan pada pertengahan tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk Web di dalam perusahaan. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas Internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam perusahaan (atau dalam suatu organisasi). Dengan kata lain, Intranet dapat dikatakan ber-internet dalam lingkungan yang terbatas.
Adapun fasilitas standar Internet yang digunakan dalam Intranet antara lain adalah:

  • standar protokol TCP/IP. Standar tersebut memungkinkan protokol jaringan melakukan komunikasi, menerima dan mengirimkan data ke terminal yang lain.

  • FTP (File Transfer Protocol) yang merupakan pelayanan resource sharing, sebuah fasilitas untuk mengambil file yang ada di Internet.

  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang merupakan dasar dari e-mail untuk berkomunikasi

  • MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions) yang merupakan standar untuk mendefinisikan format biner, grafik dan suara agar dapat ditransmisikan dengan e-mail.

  • Selain itu terdapat juga protokol NNTP (Network News Transfer Protocol) dan POP (Post Office Protocol).


  • PERKEMBANGAN INTRANET
    Pada mulanya system Intranet dikembangkan dengan menggunakan system dedicated line. System ini menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi namun membutuhkan investasi yang mahal. System ini tidak efektif untuk perusahaan kelas menengah kebawah serta perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah yang saling berjauhan.
    Perkembangan intranet yang cepat menawarkan solusi untuk membangun sebuah intranet menggunakan public network (internet). Di lain pihak, kekuatan suatu industry juga berkembang dan menuntut terpenuhinya lima kebutuhan dalam intranet, yaitu :
    1.Kerahasiaan, dengan kemampuan scramble atau encript pesan sepanjang jaringan tidak aman.
    2.Kendali akses, menentukan siapa yang diberikan akses ke suatu system atau jaringan, sebagaimana informasi apa dan seberapa banyak seseorang dapat menerima.
    3.Authentication, yaitu menguji identitas dari dua perusahaan yang mengadakan transaksi.
    4.Integritas, menjamin bahwa file atau pesan tidak berubah dalam perjalanan.
    5.Non-repudiation, yaitu mencegah dua perusahaan saling menyangkal bahwa mereka telah mengirim atau menerima file.
    Kebutuhan ini sepenuhnya didukung oleh internet yang memang dirancang sebagai jaringan terbuka dimana pengguna mendapatkan kemudahan untuk transfer dan berbagi informasi.

    ALASAN PENGGUNAAN INTRANET
    Terdapat beberapa hal-hal yang mendorong penggunaan Intranet yaitu adalah kebutuhan akan informasi. Alasan penggunaan intranet yang lainnya adalah komunikasi yang lebih baik, biaya pengembangan dan perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan teknologi client server biasa, keinginan untuk mendapatkan informasi yang mudah digunakan dan sederhana dalam akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet, mudah mendistribusikan program aplikasi ke user, dan yang terakhir adalah menaikkan akses dan distribusi informasi ke pengguna.
    Alasan lainnya penggunaan intranet yaitu :
  • Antaroperabilitas: dengan protokol TCP/IP, suatu network dapat terdiri dan komponen-komponen yang heterogen, baik perangkat keras maupun perangkat Iunaknya.

  • Tingkat pengembangan yang tinggi: teknologi World Wide Web merniliki tingkat pengembangan dan peningkatan yang tinggi, baik di dalam memperbesar (upsizing) atau memperkecil (downsizing) ukuran network tersebut.

  • Biaya murah: suatu organisasi yang ingin membangun LAN kini bisa memilih komponen-komponen sesuka hatinya, karena TCP/IP tidak terikat oleh arsitektur tertentu.

  • Kemudahan pemakaian komputer: teknologi WWW bukan hanya memudahkan pemakaian bagi user, tetapi untuk para teknisi serta pegawai lainnya di dalam mengelola jaringan.

  • Tunjangan multiplatform: network TCP/IP dapat dibentuk dari sistem-sistem dengan platform yang berbeda. Hal ini juga memudahkan jika ada penambahan komponen network; tidak perlu mengubah keseluruhan platform.

  • Jika dilihat dari sudut teknisnya, intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN).
    LAN (Local Area Network) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu (misalnya di dalam satu kantor, di dalam satu perusahaan, satu sekolah, dan sebagainya). Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahkan kemampuan-kemampuan Internet ke dalamnya.

    TEKNOLOGI YANG DIPAKAI PADA INTRANET (HARDWARE DAN SOFTWARE)
    Hardware :
    1.Local Area Network (LAN)
    2.Client Server
    3.Komponen LAN yang terdiri dari Komputer server, Komputer workstation, Adater network atau NIC, Kabel, Komponen pendukung LAN.
    Software :
    1.System operasi network
    2.Web server
    3.Web browser
    4.File HTML
    5.File pendukung

    KEUNTUNGAN INTRANET
    Keuntungan intranet pada sebuah perusahaan yaitu :
    1.Produktifitas kerja, adanya intranet dapat membantu para pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menunjang peran dan tanggung jawab masing-masing.
    2.Pemanfaatan waktu, melalui intranet lah pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efesiensi waktu dan dapat juga memberikan informasi setiap saat secara aktual.
    3.Komunikasi, dengan adanya intranet dapat memudahkan komunikasi antar bagian baik secara horizontal atau vertical dalam organisasi.
    4.Operasi dan manajemen, intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis baik secara internal maupun antar organisasi.
    5.Melalui intranet di himpun seluruh informasi tentang organisasi sehingga meningkatkan efesiensi akses informasi organisasi.
    6.Terhubung dengan system internet sehingga memungkinkan akses terhadap berbagai informasi.



    INTERNET
    Di era teknologi informasi seperti sekerang ini, internet menjadi salah satu elemen yang tak terpisahkan bagi banyak manusia modern. Dimana, melalui internet hampir setiap orang terhubung tanpa ada batasan ruang dan waktu. Sejak kemunculannya hingga saat ini, internet telah menjadi dunia baru bagi manusia modern untuk menjalankan berbagai aktifitasnya, yang notabene dulu dikerjakan secara konvensional. Sebut saja misalnya dalam aktifitas surat menyurat. Jika dulu kita harus datang ke kantor pos dan meletakkan prangko sebelum mengirimnya, sekarang dengan menggunakan teknologi internet, kita bahkan dapat mengirim surat elektronik ke belahan dunia manapun hanya dalam waktu beberapa detik saja, tanpa perlu membubuhkan prangko apalagi datang ke kantor pos. Begitu juga dengan aktifitas sosial kita, seperti bercengkrama, ngobrol, nongkrong dengan teman-teman, ataupun mencari kenalan baru. Dulu, hal ini kita lakukan dengan cara buat arisan, pertemuan, dsb. Tapi sekarang ini, aktifitas sosial semacam itu bisa kita alihkan ke dunia internet.
    Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
    Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
    Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.



    Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
    Yang termasuk dalam layanan internet services antara lain:
  • Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain.
  • E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini kita dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).

  • Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula kita dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.

  • FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang kita butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer kita.

  • Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

  • Internet Relay Chat/IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. kita dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Kita juga dapat menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference.

  • Internet Phone/Conference yaitu fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.


  • Protokol lainnya yang relatif baru dan sangat penting bagi Internet maupun Intranet adalah HTTP (HyperText Transport Protocol). Komputer yang memakai HTTP (dengan menggunakan perangkat lunak tertentu) disebut Web server. HTTP bertanggung jawab atas distribusi dan kolaborasi dokumen yang ada di Web server. HTTP tidak perlu tahu data yang dibawanya dan bahkan sistem operasi yang menjalankan Web server. Bila suatu platform mendukung TCP/IP dan multitasking, maka HTTP dapat digunakan. Kini, HTTP merupakan dasar dari layanan World Wide Web (WWW) Internet/Intranet.
    Secara umum, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa teknologi yang digunakan antara Internet dan Intranet adalah sama. Namun demikian terdapat perbedaan antara Internet dengan Intranet dilihat dari perspektif jangkauan dan penggunaannya, yakni:
  • Lingkup akses dan jangkauan.

  • Cara teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi.

  • Tujuan dari terselenggaranya komunikasi.

  • Pada Internet, lingkupnya adalah global, komunikasi lewat saluran telekomunikasi publik, dan penggunanya bisa siapa saja tanpa membedakan posisi seseorang dalam kaitannya dengan isi informasi.

  • Pada Intranet, cakupannya lebih terbatas, yakni di dalam organisasi; hubungannya antar kelompok kerja atau departemen di dalam perusahaan; penggunaannya oleh komunitas yang sudah ditentukan.
  • Label: , , ,

    1 komentar:

    Comment by Unknown on 16 Oktober 2012 pukul 18.57

    thx info,a,,,,
    bza ng'bntu akhu buad ngerja,in thugaz uts :)

    Posting Komentar